Indonesia Sehat, Mungkinkah?

“Sehat” adalah satu kata yang sangat mahal harganya dan semua orang diseluruh dunia mendambakan keadaan seperti itu. Mengapa demikian? Jawabannya jelas, seberapa banyak harta yang dimiliki oleh seseorang manakala dia mengalami sakit? Maka niscaya tidak dapat menikmati kekayaannya tersebut. Dan semua orang akan ikhlas mengeluarkan uang sebanyak mungkin asal dapat kembali dalam kondisi sehat. Jadi jelas bahwa sehat sangat penting dalam hidup ini dan merupakan prioritas utama dalam kehidupan masyarakat. Dalam kondisi sehat seseorang bisa beraktifitas apa saja, misalnya: bekerja, berolahraga, jalan-jalan, belanja, atau sekedar duduk santai di depan televisi. Sebaliknya, orang yang mengalami sakit ringan seperti influenza saja akan sulit untuk beraktivitas atau berkonsentrasi pada apa yang sedang dikerjakannya.
Indonesia merupakan negara yang luas dengan populasi penduduk terbesar nomor tiga se-Asia dengan jumlah terbesar meliputi wanita dan anak – anak. Dengan keadaan seperti ini jika ada gangguan kesehatan masyarakat pada suatu daerah tertentu, maka dapat meluas, melebar, dan akibatnya menjadi wabah yang dasyat bagi negara tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya upaya bagi setiap daerah untuk membentuk  daerah sehat, agar tercipta negara Indonesia yang sehat.
Fakta yang sering kita ketahui melalui televisi, radio, koran, artikel, berita via internet, maupun dari mulut ke mulut bahwa tingkat kesehatan di Indonesia relatif tergolong rendah. Di daerah tertentu masih banyak anak menderita busung lapar, bayi meninggal ketika dilahirkan, maupun ibu yang meninggal pada waktu melahirkan. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, antara lain: akibat kekurangan asupan gizi, kurang kesadaran akan perilaku hidup sehat, keadaan daerah yang panas dan gersang sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup, dan tingkat ekonomi yang masih rendah dimana sering terjadi di daerah-daerah pelosok yang panas dan gersang.
Selanjutnya, hal yang urgent dengan kondisi ibu dan anak-anak, bagaimanakah nasib mereka dengan adanya hal tersebut? Tentu saja kesehatan dan keselamatan  mereka sangat tergantung kesadaran dari dalam diri akan pentingnya kesehatan. Contohnya pada ibu yang sedang hamil. Apabila sedang hamil, ibu sebaiknya harus  bisa mengendalikan diri agar ketika  lahir dapat melahirkan bayi yang sehat dan selamat. Ibu hamil harus memperhatikan kesehatan dan perkembangan janin dan selalu rutin memeriksakan kandungan setiap bulan dan memperhatikan asupan gizi dan makanan apa saja yang boleh maupun tidak boleh dikonsumsi. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin, dan protein yang tinggi, seperti : hati ayam, otak sapi, seafood segar, buah – buahan yang aman, sayuran, susu, dan makanan lain yang aman dikonsumsi dan kaya akan gizi yang dibutuhkan janin untuk mengoptimalkan perkembangannya di dalam rahim. Selain itu disarankan untuk melakukan aktivitas jalan santai setiap pagi. Hal tersebut sangat berpengaruh untuk kesehatan anak dan keselamatan ibu.
Hal lain yang perlu dilakukan selain memperhatikan pemenuhan gizi, ibu hamil sebaiknya memiliki kesadaran untuk melakukan aksi “NO DEDES” (no drink, no drugs, no smoke). Bila Ibu hamil tidak bisa mencegah tindakan  tersebut  akan mengakibatkan gangguan pada anak seperti : gangguan mental, cacat fisik, dll. Selain itu dapat mengakibatkan ibu mengalami keguguran,  atau keguguran janin atau bahkan kematian keduanya. Ibu juga harus menghindari ketegangan emosional. Diusia kehamilan yang semakin tua, pada umumnya ibu akan mengalami peningkatan ketegangan emosional, sehingga ibu harus cermat menghandle emosi. Sebaiknya ditempuh dengan langkah-langkah relaksasi untuk meredakan ketegangan tersebut.
Kemungkinan – kemungkinan buruk pada kelahiran anak dapat dicegah melalui kesadaran ibu akan pentingnya perilaku hidup sehat. Namun tidak hanya pada satu pihak saja, pihak – pihak yang sekiranya berperan membantu ibu adalah :
1.     Suami
Suami mempunyai kewajiban untuk memperhatikan kehamilan istri dan membantu mengontrol asupan gizi dan menciptakan kenyamanan.
2.     Bidan / Dokter kandungan
Memberikan saran dan tips – tips mengenai hal – hal seputar kehamilan dan persiapan pra-melahirkan. Memberikan informasi yang akurat dan cermat.
3.     Lingkungan
Menciptakan pengaruh positif bagi ibu hamil.
Serta masih banyak lagi pihak – pihak yang membantu ibu hamil agar tercipta kesehatan pada ibu dan keselamatan pada anak.
Selanjutnya, pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan perlu selalu melaksanakan sosialisasi mengenai pentingnya perilaku hidup sehat bagi masyarakat. Untuk memotivasi kesadaran masyarakat akan perilaku hidup sehat dapat dilaksanakan antara lain: lomba kebersihan lingkungan, lomba penulisan dalam hal kesehatan, balita sehat, lomba masak makanan sehat, workshop yang berhubungan dengan pengelolaan sanitasi keluarga, pencegahan penyakit menular, dll.  Selain itu, perlu adanya kerjasama antara masyarakat dan tenaga – tenaga ahli kesehatan untuk terus memperbaiki kesadaran dan kemauan masyarakat agar tercipta budaya sehat. Hal ini harus dilaksanakan secara intensif mengingat kesadaran masyarakat tentang kesehatan masih sangat rendah.
Bila masyarakat sudah memiliki kesadaran terhadap perilaku hidup sehat, maka dalam lingkungan ini seorang ibu (hamil) akan nyaman dan janin yang dikandungnya juga dalam kondisi sehat. Selanjutnya ketika saat lahir tiba, akan lahir janin yang sehat. Bayi yang sehat dan berada di lingkungan sehat akan tumbuh dengan sehat pula. Dia akan menjadi anak yang sehat jasmani – rohani, cerdas, dan berperilaku sehat pula. Selanjutnya akan menjadi generasi muda yang sehat, takwa dan cerdas yang siap membangun negeri ini dengan sehat pula. Alhasil, negeri Indonesia akan sehat di segala aspek, tidak ada korupsi, kolusi, nepotisme, teroris dan hal-hal lain yang dapat merusak negeri ini.
Demikian seterusnya, karena negeri Indonesia sudah sehat maka akan selalu mampu memberikan yang terbaik pada ibu (hamil) khususnya untuk melahirkan generasi sehat pula, Generasi sehat akan membangun negeri ini menjadi lebih baik dan lebih baik. Hal ini akan terus berulang dengan kualitas yang lebih baik. Dengan demikian akan terwujud kehidupan yang sehat.

0 comment:

 
♥ hope dreams come true ♥ Blog Design by Ipietoon