Tanda-Tanda Dini Bahaya (Komplikasi) Ibu dan Janin Masa Kehamilan Muda

1. Perdarahan Pervaginam Masa Hamil Muda

Perdarahan pervaginam pada kehamilan muda bisa disebabkan karena abortus (keguguran), kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim) atau molahidatidosa (kehamilan anggur).

a. Abortus
Abrotus adalah berakhirnya kehamilan karena akibat-akibat tertentu sebelum usia kehamilannya berusia 22 minggu atau buah kehamilan belum mampu hidup diluar kandungan (Syafrudin, 2000). Abortus spontan, ialah abortus yang terjadi secara alamiah tanpa intervnsi (buatan) untuk mengakhiri kehamilan tersebut. Terminologi umum untuk masalah ini adalah keguguran atau miscarriage. Abortus buatan, ialah abortus yang terjadi karena intervensi tertentu yang bertujuan untuk mengakhiri proses kehamilan. Terminologi untuk keadaan ini adalah pengguguran atau abortus provokatus atau aborsi.

Jenis Abortus:
1) Abortus Imminens
 abortus yang mengancam, perdarahannya berlanjtu bisa beberapa hari atau dapat berulang. Kehamilannya dapat berlanjut atau dipertahankan. Perdarahan yang sedikit pada hamil muda bisa disebabkan oleh, misalnya plasental sign, yaitu perdarahan dari pembuluh-pembuluh darah sekitar plasenta.
Anamnesis : kram perut bagian bawah, perdarahan sedikit dari jalan lahir.
Pemeriksaan dalam : ostium uteri tertutup, ukuran uterus sesuai dengan usia kehamilan, uterus lunak
Pemeriksaan penunjang : USG buah kehamilan utuh, ada tanda kehidupan janin, jika buah kehamilan janin tidak baik, janin mati.

2) Abortus Insipiens
Ditemukan banyak perdarahan, kdang keluar gumpalan darah disertai nyeri karena kontraksi rahim kuat dan ditemukan adanya dilatasi serviks sehingga jari pemeriksa dapat masuk dan ketuban dapat diraba. Jaringan yang tertinggal dapat menyebabkan infeksi sehingga harus segera dievakuasi. Janin biasanya sudah mati dan mempertahankan kehamilan dalam kondisi ini adalah kontraindikasi.
Anamnesis : disertai nyeri/kontraksi rahim, perdarahan dari jalan lahir
Pemeriksaan dalam : perdarahan sedang hingga banyak, ostium uteri terbuka, buah kehamilan msh dalam rahim dan belum terjadi ekspulsi jasil konsepsi, ketuban utuh (menonojol).

to be continued,,,,

0 comment:

 
♥ hope dreams come true ♥ Blog Design by Ipietoon